ULANGAN TENGAH SEMESTER
KELAS 8 SEMESTER 1
KELAS 8 SEMESTER 1
Ragnarok
Kak Irwan tahu kalau Agus berdusta. Tetapi ia
tidak bisa melarang anak itu untuk tidak mengunjungi warnetnya. Hampir setiap
hari Agus bermain game online.
Ibu Agus berpikir, bahwa Agus menyimpan hal yang jelek.
”Agus, kamu ini kok
minta uang melulu sih. Buat apa?” ”Beli buku paket, Bu. Dari Diknas,
jadi wajib beli.”
”Apa? Masa sih Diknas keluarin buku hampir dua
minggu sekali? Coba mana buku-buku yanng kamu beli beberapa waktu yang lalu?”
Ibu mulai kesal melihat Agus yang malas-malasan di tempat tidur.
”Yaaa....Ibu. kayak tidak tahu saja. Kalau buku
seperti itu, harus bayar dulu, barangnya datang belakangan.
Sejak Ibu curiga, Agus mulai mengurangi
frekuensinya bermain Ragnarok. Sisa uang jajannya hanya cukup untuk dipakai
bermain dua atau tiga jam saja. Sabtu dan minggu tidak bisa lagi keluyuran
seenaknya. Ibu mengharuskannya di rumah untuk belajar karena akhir-akhir ini
Agus selalu mendapat nilai jelek.
Yang anehnya belakangan ini. Agus sering merasa
pusing. Kepalanya kerap sakit dan matanya sesekali mengeluarkan air mata.
Pandangannya juga sering berkunang-kunang. Melihat hal itu, Ibu berinisiatif
untuk membawanya ke dokter mata.
”Apa, Dokter? Minus
satu setengah?” kata Agus tidak percaya. ”Ya, kalau melihat dari tes mata tadi,
matamu mulai rusak.”
Ibu memandang Agus sejenak. Ada sesuatu yang telah disembunyikan.
..................................................................................................................
1. Isi
penggalan cerita di atas adalah....
a.
Agus selalu bermain Ragnarok dengan
membohongi orangtuanya dalam meminta uang. Akhirnya Agus dimarahi Ibunya.
b.
Agus selalu main Ragnarok dengan
membohongi orangtuanya, selalu meminta uang, akhirnya Agus dikeluarkan dari
sekolah
c.
Agus selalu main Ragnarok, membohongi
orang tuanya, dan selalu meminta uang, akhirnya mata Agus rusak kemudian
diperiksakan ke dokter.
d.
Agus selalu main Ragnarok dengan
membohongi gurunya, dan membohongi ibunya, akhirnya matanya rusak.
2. 1.
Sikap Agus yang selalu membohongi ibunya karena kecanduan main Ragnarok. 2. Kak
Irwan melaporkan perbuatan Agus kepada ibunya. 3. Agus selalu malas-malasan di tempat
tidur. 4. Ibu selalu memperhatikan putranya
Pernyataan di atas yang sesuai dengan
penggalan cerita tersebut adalah......
a.
kalimat 1 dan 2
b.
kalimat 1 dan 3
c.
kalimat 3 dan 4
d.
kalimat 2 dan 3
3. Seorang
pedagang kaki lima yang menjual mercon sengaja membakar mercon dagangannya
karena di kejar-kejar petugas ketertiban umum. Akibatnya, beberapa toko di
sekitar ikut musnah terbakar. Ketika ditanya oleh pihak yang berwajib, si
pedangan mercon tidak mengakui perbuatannya.
Gagasan pokok laporan di atas adalah . .
.
a.
Pedagang kaki lima menjual mercon.
b.
Akibatnya beberapa toko di sekitarnya
ikut musnah terbakar.
c.
Ketika ditanya oleh pihak yang berwajib,
pedagang mercon tidak mengaku.
d.
Pedagang mercon sengaja membakar
dagangannya karena dikejar petugas
4. Keindahan
alam di bumi makin pudar dalam kurun waktu 45 tahun. Dinamika pembangunan
anak-anak manusia telah mengubah segalanya. Hutan, sawah, dan ladang tergusur
oleh berbagai bentuk bangunan yang meluncur dari kota. Dahan dan ranting telah
berganti jeruji besi. Pagar tanaman yang bermekaran dengan indahnya telah di
terjang beton yang kokoh, mengakibatkan bumi menjadi gersang.
Pikiran utama laporan di atas adalah . .
.
a.
Keindahan alam di bumi semakin pudar.
b.
Hutan, sawah tergusur akibat bangunan
dari kota.
c.
Pagar tanaman yang indah telah diterjang
beton yang kokoh.
d.
Dinamika pembangunan anak-anak manusia
telah mengubah segalanya.
5. Setelah
asyik bermain, kami masuk ke anjungan rumah hantu, gua Colombus, rumah kaca. Di
antara anjungan yang paling berkesan adalah rumah hantu dan naik perahu putar,
karena kedua anjungan tersebut bisa menimbulkan ketegangan yang luar biasa.
Kutipan laporan perjalanan di atas
adalah bagian.....
a.
awal perjalanan
b.
rencana perjalanan
c.
akhir perjalanan
d.
selama di lokasi
6. Pada
tahun 2008 ini SMP Negeri 3 Lawang telah dapat melaksanakan acara Pelepasan
Siswa/siswi kelas IX, yang tepatnya diadakan pada hari Senin, tanggal 1 Juni
2008 dengan mengambil tempat di gedung Arauna. Acara pelepasan ini disaksikan
oleh lebih kurang 1000 orang yang terdiri dari Muspika Lawang, Kepala –kepala
SD, wali murid kelas IX, siswa kelas IX, Kepala Desa, pemuka masyarakat, komite
sekolah, serta semua warga SMP
Negeri 3
Lawang, mulai dari Kepala SMP Negeri 3 Lawang, Staf, Dewan Guru, Karyawan.
Tak ketinggalan pihak kesiswaan dan
seluruh jajarannya yang terlibat dalam kepanitiaan, serta warga kelas 7 dan 8
yang secara langsung maupun tak langsung terjun di kancah OSIS dan yang
terlibat di dalam penyelenggaraan kegiatannya.
Jika dilihat dari isinya, penggalan
laporan di atas merupakan penggalan bagiaan ......
a.
|
pembukaan
|
c
|
inti
laporan kegiatan
|
b.
|
isi
laporan perjalanan
|
d.
|
penutup laporan kegiata
|
7. Rendra
bangun sekitar pukul 04.30, sang surya biasanya terbit sekitar pukul 05.00.
Setengah jam lagi, dia ingin menikmati sunrise di puncak gunung. Jalan
untuk mendaki berkelok-kelok, Rendra ingin menikmatinya dengan menaiki kuda.
……………………………………………………………………………………………
Pernyataan dibawah ini sesuai dengan
laporan diatas, kecuali ….
a.
Rendra ingin menikmati sunset di puncak
gunung.
b.
Rendra bangun pukul 04.30.
c.
Rendra ingin menikmati sunrise pukul
05.00.
d.
Rendra ingin menikmat alam di pegunungan
dengan menunggangi kuda.
8.
1. obyek
yang diamati
2. tujuan
3.
latar
belakang masalah
4. kesimpulan
5. judul
laporan
6. tanda
tangan pelapor
Hal-hal di atas yang termasuk kerangka
laporan adalah nomor . . .
|
|||
a. 1,3,4,5
|
b.
1.2.4.5
|
c.
3.4.5.6
|
d.
1.3.5.6
|
NOVEL
REMAJA
KAPAS-KAPAS
DI LANGIT
Garsini membuktikan kemampuannya dengan meraih prestasi demi
prestasi. Hal ini dilakukan karena ia ingin menarik perhatin dan kasih sayang
ayahnya. Selama ini, ayah Garsini sering memperlakukannya dengan kasar dan
pilih kasih di antara tiga saudaranya.
Berangkat dari ketidak harmonisan rumah tangga orang tuanya,
Garsini berhasil membuktikan, bahwa dirinya sebagai anak yang bisa dibanggakan.
Setelah lulus SMA, ia berkuliah di Universitas Indonesia (UI). Prestasinya
sangat bagus. Pada semester ketiga,ia berhasil meraih beasiswa Monbusho dari
pemerintah Jepang untuk berkuliah di Universitas Tokyo ,Jepang.
Garsini meninggalkan tanah air dengan tekad yang bulat, yaitu
akan membuktikan kepada dunia, bahwa gadis muslimah, berjilbab seperti dirinya
pun mampu “berbicara di dunia internasional”.
Di
kalangan rekan-rekannya di universitas Tokyo, Garsini dikenal sebagai mahasiswi
energik, jenius, dan taat beribadah dengan busana unik, dan berkepribadian
tangguh.
Di kalangan para dosen, Garsini pun dihargai dan disayangi.
Bahkan, seorang guru besar tamu di universitas itu, Profesor Charles del
Pierro, terkesan sekali dengan Garsini, dan menjadikan Garsini sebagai
asistennya. Dengan dukungan yayasan sosial yang disponsori oleh profesor tua
dari Perancis itu, Garsini menerbitkan kamus perbandingan antara bangsa-bangsa
Asia.
Berbagai pengalaman selama di negeri Sakura telah menempanya
menjadi sosok yang dewasa, tanpa meninggalkan ciri khasnya sebagai gadis
muslimah. Akan tetapi, pada suatu waktu ia gamang, harus memilah salah satu
antara dua pilahan. Apakah ia menerima lamaran dokter Haekal yang telah lama
dikenalnya sejak di Indonesia atau memilih melanjutkan kuliah dengan menerima
tawaran bea wiswa dari Universitas Sorbone yang dia peroleh berkat rekomendasi
Profesor Charles del Pierro.
: Pipiet Senja
|
||
Penerbit
|
: Zikrul Hakim, Jakarta
|
|
Tahun terbit
|
:
|
2003
|
T e b a l
|
:
|
255 halaman
|
9. Siapakah
protagonis dari novel “ Kapas-kapas di Langit “ di atas ?
a. Garsini b. Pipiet Senja c. Prof. Charles del Pierro d. dr. Haikal
a. Garsini b. Pipiet Senja c. Prof. Charles del Pierro d. dr. Haikal
10. Bagaimanakah
gambaran watak Garsini yang tepat sesuai dengan ringkasan di atas ?
a.
pemarah dan pendendam karena perlakuan
ayahnya yang kasar.
b.
Tangguh, pekerja keras, tak putus asa,
energik, jenius, tetapi tetap taat beribadah
c.
Pemdiam, mudah putus asa, kasar , tetapi
taat beribadah
d.
Tangguh, tetapi pemarah, dan kasar pada
orangtuanya.
11. Di
manakah seting tempat Garsini ketika kuliah?
a.
|
Tokyo
dan Perancis
|
c.
|
Jakarta
dan Tokyo, Jepang
|
. b
|
Perancis
dan Jepang
|
d.
|
Jakarta
dan Peranci
|
12. Ani :“Aku
benci padamu. Kau khianati cintaku! Mudahnya Kau ucapkan janji sehidup semati,
gak taunya gombal!”
Rudi :“Maafkan aku, An! Gisca
sahabatmulah yang menggodaku. Dia yang memulai, dan ... Nyatanya aku sudah
tidak ada perasaan apa-apa lagi terhadapmu.”
Ani : (lari menjauh dari Rudi sambil
menangis dan bergumam dalam hati)”Aku akan memaafkanmu, tapi aku bersumpah
untuk tidak mau pacaran dengan siapapun selama aku belum berhasil!”
Berdasarkan teks drama di atas, konflik
yang terjadi antar tokoh adalah . . . .
a.
Ani mengkhianati cinta Rudi.
b.
Gisca memulai mengakrabi Rudi.
c.
Rudi mengkhianat cinta Ani.
d.
Ani berlari meninggalkan Rudi.
13. Salah
seorang siswa saat istirahat sekolah dihadang kelompok anak-anak tersebut.
Bahkan bukunya pun diambilnya dari dalam tas lalu diinjak-injak. Siswa ini
hanya dapat memohon minta dikasihani dan tidak mungkin melawan, karena kelompok
anak-anak tersebut banyak sekali,dan sering melakukan kekerasan pada siswa ini.
Hal ini terjadi karena siswa ini tidak mau memberitahukan jawaban soal ulangan.
Siswa ini tidak ingin berbuat tidak jujur. Guru pun datang melerainya.
Yang terlibat konflik dalam ringkasan
cerita di atas adalah ....
a.
seorang siswa dengan gurunya
b.
seorang siswa dengan guru, dan
teman-temannya
c.
seorang siswa dengan kelompok anak-anak
d.
kelompok anak-anak dengan guru-gurunya
14. Anakku
yang tercinta. Kalau kuakhiri nasihat-nasihatkui ini, pada waktu ini engkau
belum ada. Tambang emas itupun belum dibuka, tetapi aku punya usul, bagaimana
kalau berusaha untuk jadi insinyur pertambangan saja?
Tetapi jangan marah anakku, ini cuma
usul saja. Engkau memilih pilihan hidup ini sesuai dengan kemauan pikiran dan
tenagamu. Asal saja pilihan itu adalah pilihan yang benar, tidak merugikan masa
depanmu dan masa depan banyak manusia.....
( Nasihat buat anakku_Motinggo Busye).
Tanggapan yang paling logis berdasarkan
cerita di atas adalah …..
a.
usul ayah tersebut harus di turuti
b.
sebagai anak harus patuh terhadap
orangtua
c.
seorang ayah hendaknya bijaksana
terhadap anaknya
d.
sebagai anak kita berhak menolak usul
ayah
15. Pesan
tersirat yang dapat kita ambil dari cuplikan novel di atas ( no. 14)
adalah.....
a.
seorang ayah yang memaksakan kehendaknya
pada anaknya
b.
seorang ayah yang berdebat dengan
anaknya tentang masa depan
c.
kasih sayang orang tua diperlukan anak
dalam meraih masa depannya
d.
anak harus senantiasa menghargai
orangtuanya
16. Maria
seorang wanita periang, senang akan pakaian yang bagus-bagus, memandang hidup
ini penuh kegembiraan, suaranya yang menyanyi-nyanyi atau suara piringan hitam
yang tak jemu-jemu diputarnya. Sebaliknya Tuti seorang gadis pemikir, yang
hanya memperkatakan hal-hal yang perlu-perlu, giat bergerak dalam perkumpulan
kaum-kaum putri dan tak jemu memperjuangkan kemajuan wanita kaumya. Pidato
dalam rapat selalu berapi-api, membangkitkan semangat kaum wanita untuk
mengangkat derajat mereka dengan kesadaran sendiri. Jangan menggantungkan hidup
kepada kaum lelaki dan janganlah dalam hidup ini hanya menjadi alat kaum
lelaki.
Isi penggalan novel di atas adalah
menggambarkan . . . .
a. perbedaan
watak antara Maria dan Tuti. Maria periang, Tuti pemikir.
b. Maria
yang senang berpakaian bagus dan selalu bernyanyi.
c. Tuti yang pemikir dan tidak suka
bergaul.
d. Dua orang wanita, Maria dan Tuti yang
sama karakternya.
17. “Anak-anak,
Ayah ingin berterus terang. Ayah sekarang akan di-PHK oleh perusahaan karena
perusahaan tempat ayah bekerja hampir bangkrut,” kata ayah memulai pembicaraan.
“ PHK itu artinya apa sih, Kak?” tanya
Tono.
“ PHK itu adalah pemutusan hubungan
kerja. Artinya, Ayah akan diberhentikan oleh perusahaan,” jelas Tini pada
adiknya.
“Benar kata kak Tini. Jadi mulai
sekarang, kita harus berhemat dalam melakukan pengeluaran,” nasihat ibu pada
anak-anak.
“Baik, Bu!” sahut Tini dan Tono
serempak.
“Iya, kue Ibu kan enak. Orang-orang
pasti suka kue buatan Ibu,” kata Tono meyakinkan
Ibu.
(Ayak Kena PHK karya Ranny Anita)
Pernyataan
yang tepat untuk mengungkapkan watak tokoh cerita tersebut dan alasannya adalah
. . . .
a.
Ayah seorang pekerja yang kurang
berprestasi, terbukti perusahaan mem-PHK-kannya.
b.
Tini adalah seorang penyabar, terbukti
dapat menjelaskan arti PHK kepada adiknya pada saat keluarga dilanda kesusahan.
c.
Tono adalah anak yang sangat bodoh,
terbukti tidak mengerti arti PHK walaupun hal itu menimpa ayahnya sendiri.
d.
Ibu adalah seorang yang kreatif dan
terampil, buktinya dapat membuat kue yang sangat enak sehingga Tono yakin bahwa
kue buatan Ibu akan disenangi banyak orang.
: “Apakah benar kamu menulis kata-kata kotor
di dinding wc siswa?”
|
||
Andik
|
:
|
“Benar,
Pak!”
|
Guru
|
: “Mengapa itu Kamu lakukan itu?”
|
|
Andik
|
: “Saya mohon maaf, Pak. Saya hanya iseng
saja.”
|
|
Guru
|
:
|
“Jangan
diulang lagi, karena wc menjadi kotor dan dapat menimbulkan
|
hal-hal
negatif. Kamu harus bertanggung jawab, dan mengecat wc
|
||
seperti
sedia kala”.
|
Isi dialog wawancara di atas adalah . . . .
a.
Membicarakan sanksi siswa yang
melanggar.
b.
Siswa yang berani melakukan coret-coret
di dinding akan dikeluarkan dari sekolah .
c.
Kenakalan siswa di sekolah perlu
ditindak tegas.
d.
Siswa yang menulis kata-kata kotor dan
diberi sanksi untuk membersihkan.
19. Rangkuman
penggalan wawancara di atas ( soal no 18 ), adalah...
a.
Seorang guru menanyakan kepada seorang
siswa tentang kata-kata kotor yang ditulis di dinding wc. Siswa mengakui dan
meminta maaf, namun siswa tersebut tetap ditugasi untuk membersihkan kata-kata
kotor tersebut.
b.
Seorang guru menanyakan kepada seorang
siswa tentang kebersihan wc. Siswa mengakui dan meminta maaf, namun siswa tetap
diberi sanksi untuk membersihkan kata-kata kotor tersebut.
c.
Seorang guru memarahi seorang siswa
karena menulis kata-kata di dinding wc, siswa mengakui dan meminta maaf, namun
siswa tetap ditugasi untuk membersihkan kata-kata kotor tersebut.
d.
Seorang guru menanyakan kepada seorang
siswa tentang kata-kata kotor yang ditulis di dinding sekolah, siswa mengakui
dan meminta maaf, namun siswa tersebut tetap diberi sanksi untuk membersihkan
kata-kata kotor tersebut.
20. BK
akan mewawancarai siswa yang sering tidak mengerjakan tugas rumah, maka
pertanyaan yang sesuai adalah.....
a.
siapa namamu dan kelas VIII apa?
b.
Mengapa kamu sering pinjam buku temanmu?
c.
Mengapa kamu tidak mengerjakan tugas
rumah?
d.
Mengapa kamu dipanggil BK?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar